Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

RAT KOPBUN Makmur Bersama Berjalan Lancar, Namun dengan Beberapa Catatan

Ketua KUD Makmur Bersama Menerima Sertifikat dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sekadau 
Sekadau dermaga fm.com - Koperasi Perkebunan atau Kopbun KUD Makmur Bersama PT SML adakan Rapat Tahunan Anggota (RAT) yang dihadiri oleh 79 anggota sebagai perwakilan dari 1.600 san dan acara ini berlangsung di Aula Pertemuan Umum Desa  Rawak, hari Sabtu,29 Juni 2024.

Hadir dalam RAT kali ini, Dinas Koperasi dan UKM serta Perdagangan, Camat Ng Taman, Kapolsek Ng Taman, tokoh masyarakat serta sejumlah undangan lainnya.

Awalnya Rapat Anggota Tahunan berlangsung agak ribet karena sejak  berdirinya KUD Makmur Bersama ini, baru pertama kali mengadakan RAT dimana para anggota belum banyak yang paham bagaimana proses penyelenggaraan RAT sebuah Koperasi. Panitia Rapat kemudian memilih pimpinan Sidang dengan pimpinan Sidang Abang Haji Jeremi Pas, didampingi oleh Matius John sebagai Wakil serta Sudarsono sebagai Sekretaris.

Sementara Ketua Koperasi Perkebunan Makmur Bersama, Kanisius Musitus dengan percaya diri menyampaikan laporan pertanggungjawaban Pengurus kepada para anggota RAT.

"Ini pertama kali nya saya menyampaikan pertanggungjawaban pengurus yang saya nyatakan bahwa pertanggungjawaban ini kami mulai pada bulan Agustus sampai dengan bulan Desember tahun 2023 dan karena ini merupakan pertamanya, maka kami mohon maaf kalau banyak kekurangan dan kekhilafan yang dilakukan oleh pengurus karena pertama, kami pengurus belum memiliki panduan seperti anggaran dasar anggaran rumah tangga, poljak dan yang lainnya, jadi ini kami berjalan saja seperti yang sudah dilakukan oleh pengurus sebelumnya dan bedanya saat ini kami menyampaikan pertanggungjawaban dalam bentuk tertulis di depan para anggota rapat yang berbahagia,"tegas Ketua.

Kanisius Musitus yang dibantu oleh bendahara, Kornelius Nene - dalam hal pelaporan keuangan ini juga melaporkan bahwa sampai saat ini ada yang kurang dalam kepengurusan ini, yakni kepengurusan tidak memiliki sekretaris yang harusnya mendampingi semua kegiatan koperasi sejak ditunjuk oleh anggota.

"Saya terus terang menyampaikan kepada para anggota dan juga disampaikan saat pra-RAT  beberapa waktu yang lalu bahwa Pengurus seharusnya memiliki sekretaris yang bisa membantu kepengurusan ini dalam hal urusan administrasi dan urusan-urusan lainnya, namun kenyataannya sekretaris yang saya tunjuk beberapa saat setelah saya terpilih, mungkin banyak kendala sehingga tidak bisa bekerja sesuai fungsinya dan kemudian saya dibantu oleh bendahara menyusun laporan yang saya bacakan saat ini, maka pada kesempatan ini, saya mengucapkan  terima kasih kepada bendahara yang sudah merangkap sebagai sekretaris dalam kepengurusan KUD Kopbun Makmur bersama ini," tambahnya.

Setelah menyampaikan laporan, pimpinan sidang memberikan kesempatan kepada para anggota untuk bertanya tentang laporan tersebut dan dalam 3  sesi di mana para anggota bertanya tentang legalitas kepengurusan, laporan pertanggungjawaban keuangan, kontribusi perusahaan, serta program kerja Kopbun ke depannya nanti dan yang tidak kalah tidak kalah pentingnya adalah meminta sekretaris lama  diganti dengan memilih yang baru.

Pada bagian akhirnya, semua anggota RAT menyetujui laporan pengurus namun harus diberi dengan beberapa catatan perbaikan ke depannya supaya nanti Koperasi ini bisa berjalan sesuai dengan tujuan koperasi itu sendiri yakni mensejahterakan anggota.

RAT menyetujui laporan pengawas yang disampaikan oleh Ketua Badan Pengawas, Abang Hermanto didampingi oleh Saruden dan Paulus Karto Adong.

Sementara Sekretaris terpilih pengganti saudara Dion SH yang dinonaktifkan yakni saudara Yusramsah dengan perolehan suara terbanyak 23 pemilih.

"Dengan telah ditetapkan suara terbanyak dalam pemilihan sekretaris KUD Makmur Bersama yang baru, maka berikutnya Sekretaris lama atas nama DiON, SH di nonakifkan dan diganti kepada Sekretaris terpilih di RAT KUD Makmur Bersama Tahun Buku 2023 Atas nama Yusramsah,"bunyi Berita Acara.

Berita Acara kemudian ditandatangani oleh pimpinan sidang Abang Haji Jeremi Pas, Wakil Pimpinan sidang Matius John dan Sekretaris Sudarsono, juga ditandatanganinya oleh Pengurus dan Pengawas.

Editor Penjab Radio 

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100 9 FM atau bisa didengarkan melalui HP Android Anda klik dermagafm.com.




Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya