Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Pemerintah Pusat Lakukan rehablitasi Bidang Pertanian Untuk Kabupaten Sekadau


Foto Drs. Sande M.Si, Plt Kadis P3K

Sekadau, dermagafm.com -  Pemerintah Kabupaten Sekadau mendapat dukungan rehablitasi di pertanian/persawahan dari Pemerintah Pusat melalui Dinas Pertanian Kabupaten Sekadau. Hal ini disampaikan oleh Plt Kadis Pertanian saat diwawancara  oleh Radio Dermaga sesaat setelah sidak di pasar Sekadau hari Rabu 12 Juni 2024.

Plt Kadis Pertanian menyampaikan  bahwa saat ini fokusnya  pada rehabilitas lahan pertanian dengan sasaran  pokok mengubah pola tanam  masyarakat satukali setahun  (tipe 100) menjadi tipe 200 dan tipe  300.

"Fokus nya di bidang pertanian ini  seperti rehabilitas lahan yang selama ini ditanam oleh masyarakat  tetapi belum maksimal  hasilnya misalnya   saluran airnya belum beres, maka perlu diperbaiki, bendungannya bagaimana, itu semuanya yang menjadi perhatian dan sasaran kita, tetapi yang menjadi sasaran  pokoknya kita bagaimana mengubah pola tanam itu nanti dari masyarakat tanam  satu  sekali setahun  tipe 100 diubah menjadi tipe 200 dan tipe 300 dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan ini juga memang bekerjasama  dari  pusat,  bekerjasama dengan  TNI sampai pada pelaksanaanya nanti TNI bersama para petani yang melaksanakanya,"tuturnya.

Terkait dengan lokasi atau tempat untuk Kabupaten Sekadau, Plt Kadis Pertanian juga menyampaikan bahwa untuk tahap pertamanya  ada di tiga kecamatan yang berada di jalur sungai Sekadau.

"Tahap pertama yang sedang berlangsung ini lahanya 550 hektar di Kecamatan Sekadau Hilir, Sekadau Hulu dan Kecamatan Nanga Taman, untuk tahap kedua nanti ada tiga kecamatan lagi termasuk  Nanga  Mahap  itu -+1000 hektar  jadi totalnya 1500 hektar, untuk yang 1000 hektar  kita hanya tinggal tanda tangan SPK saja dan yang tahap pertama seluas 550 hektar  sudah tanda tangan persetujuian  pada hari kemarinm,"ucapnya.

Plt Kadis Pertanian juga menyampaikan bahwa saat ini pengerjaan tahap pertama sedang berjalan dan tentunya kita perlu mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat.

"Saat ini, yang sedang berjalan,  kita sedang mendistribusikan bahan-bahan atau material kelapangan seperti semen dan perlengkapan lainnya seperti papan untuk mal dan yang lainnya. Program ini terbatas, hanya desa-desa yang terkait langsung dengan pertanian-persawahan,  seandainya nanti ada lagi progran baru, nanti  mereka yang ada  kekelompok tani nya akan kita libatkan,"tutupnya.

Editor PenJab Radio Dermaga

Info ini bisa disimak melalui radio Dermaga 100 9 FM atau bisa didengarkan melalui HP Android Anda klik dermagafm.com


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya