Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Bupati Sekadau Buka Gawai Dayak ke-13 di Sekadau

Bupati Sekadau bersama para Tamu Undangan di depan Betang Youth Centre Sekadau 

Sekadau dermagafm.com-Bupati Sekadau Aron SH membuka secara resmi Gawai Dayak ke-13 Kabupaten Sekadau yang berlangsung di Betang youth center Sekadau pada hari Selasa tanggal 23 juli 2024. 

Acara dimulai dengan pawai yang dilepas oleh Bupati Aron SH dimana peserta pawai Dayak yang terdiri dari Tim DAD 7 kecamatan di Kabupaten Sekadau,  sekolah-sekolah yang ada di kota Sekadau, serta paguyuban dan sanggar kesenian yang ada di kota Sekadau.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Sekadau 2005-2015  Simon Petrus, para tamu undangan dari Propinsi terdiri dari Ketua DAD Propinsi Kalbar, Perwakilan pemerintah provinsi, seluruh SKPD kabupaten Sekadau para anggota DPRD wakil pimpinan DPR, Handi dan  ketua Dewan Adat Dayak kabupaten Sekadau serta sejumlah undangan toko masyarakat tokoh adat tokoh pemuda di kabupaten Sekadau. 

Pada kesempatan tersebut Ketua Panitia Martinus Ridi SKM MM sebelum membacakan laporan, mengucapkan selamat datang kepada semua tamu undangan dari berbagai wilayah di Kalimantan Barat.

Dalam laporannya Martinus Ridi menyampaikan bahwa Gawai adalah sebagi bentuk rasa syukur atas hasil panen. Menurut Martinus Ridi, ​ gawe Dayak kabupaten Sekadau sudah menjadi agenda rutin tahunan pemerintah daerah.

"Tujuan Gawai di tingkat Kabupaten Sekadau adalah sebagai puncak penutupan gawai masyarakat Dayak di kampung-kampung dan selain itu Gawai juga menjadi sarana promosi kebudayaan dan tradisi Dayak dengan mengelar perlombaan lagu Dayak, Tarian tradisional dayak, kerajinan tradisional, dan permainan tradisional lainnya,"lapor Ketua Panitia.

Sementara itu Bupati Sekadau dalam sambutan pembukaannya mengucapkan syukur kepada Tuhan karena bisa menghadiri yang ke-13.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sekadau mengucapkan selamat untuk masyarakat Kabupaten Sekadau yang hari ini secara resmi gawai dayak tingkat Kabupaten dibuka, ini merupakan gawai kita Bersama oleh karena itu saya berharap pada kita semua mari kita rayakan gawai ini kita dukung program ini dan ini merupakan puncak seluruh rangkaian gawai Dayak di Kabupaten Sekadau, yang akan diakhiri dengan kegiatan gawai Dayak tingkat Kabupaten, dan juga terimakasih kepada semua tokoh masyarakat yang telah mendukung sehingga gawai Dayak Kabupaten yang ke-13 bisa berjalan dengan baik dan lancar dan tentu ini semua atas dukungan kita semua,"tegas Bupati.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada pejabat  yang mewakili Gubernur provinsi Kalimantan Barat yang telah memberi wejangan masukan dalam rangka melestarikan adat dan budaya yang ada di kabupaten Sekadau yang kita cintai.

"Terimakasih kepada ketua DAD Provinsi Kalimantan Barat yang juga telah menginspirasi kita semua bahwa Dayak itu merupakan adat itu merupakan titian penting bagi kita semua, karena kalau kita beradat  kita pasti menghormati perbedaan satu dengan yang lainnya dan juga kepada ketua panitia beserta seluruh jajarannya saya mengucapkan terima kasih, saya tahu bapak ibu bekerja dengan susah payah, saya tahu kalian semua pasti banyak perbedaan pasti banyak dinamika dalam kepanitiaan tapi hari ini kita bisa membuktikan bahwa semua ini bisa berjalan dengan baik atas kerjasama kita yang luar biasa,"sambung Bupati.

Bupati Sekadau juga mengucapkan terimakasih kepada Subsuku Dayak Mentuka yang tahun ini menjadi tuan rumah, sebagai pelaksanaan ritual gawai dayak dimana beberapa bulan yang lalu mereka mempersiapkan dengan matang beberapa kali mereka rapat.

"Tahun ini mereka mengangkat tema yaitu NYAPAT SOA NYIMAK JURONG, Nyapat Soa itu merupakan sebuah kebudayaan bagi orang Dayak termasuk Sub Suku Dayak Mentuka, jadi sebelum berladang Kembali harus ada ritual nyapat soa artinya antara tahun yang lalu dan tahun yang akan datang dibuat syukuran terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang diberikan selama satu tahun itu, nyimak Jurong artinya naik Jurong, jurong  tempat menyimpan hasil usaha kita selama 1 tahun",tambah Bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa kegiatan Gawai Dayak Kabupaten ini setiap tahunnya bergilir, tahun kemarin Subsuku Dayak Kerabat tahun ini Subsuku Dayak Mentuka dan tahun depan digilir Subsuku Dayak yang lainnya.

Setelah sambutan Bupati, acara kemudian kemudian dilanjutkan dengan foto bersama tamu undangan serta makan adat bersAma semua peserta Gawai Dayak ke-13. (Ika).

Editor Penjab Radio

Info ini bisa disimak di HP Android Anda klik di google chrome dermagafm.com.

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya