Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Gawai Dayak Resmi Ditutup oleh Bupati Sekadau

Foto: Bupati Aron bersama para sponsor kegiatan Gawai Dayak XIII 
Sekadau dermagafm.com - Bupati Sekadau Aron SH secara resmi menutup event Gawai Dayak ke-13 Kabupaten Sekadau yang berlangsung dibecanggih center Sekadau, pada hari Sabtu tanggal 26 Juli 2024.

Acara yang dibanjiri oleh ribuan penonton ini juga dihadiri oleh Forkompimda Kabupaten Sekadau tokoh masyarakat, serta para undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut ketua panitia Martinus Ridi,  mengucapkan terima kasih kepada para sponsor dan kepada pemerintah kabupaten Sekadau yang telah mendukung kegiatan Gawai Dayak ke-13 Kabupaten Sekadau.

"Terima kasih kepada semua pihak terutama para sponsor,  partisipan,  DAD 7 Kecamatan dan tentu saja kepada Bupati - Wakil Bupati Sekadau yang sudah banyak membantu kelancaran kegiatan panitia atau atau Gawai Dayak tahun ini,"

Pada kesempatan tersebut panitia juga memutarkan film durasi 10 menit tentang keberhasilan pemerintah selama 3 tahun berjalan di bawah kepemimpinan Aron -Subandrio dimana disuguhkan berbagi data pembangunan yang dimulai 3 tahun yang lalu sampai saat ini. 

Sementara Bupati Sekadau, Aron SH dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada DAD Kabupaten Sekadau yang sudah melaksanakan pesta Gawai sebagai wujud syukur masyarakat.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Sekadau Saya mengucapkan terima kasih kepada DAD Kabupaten Sekadau, kepada ketua panitia pelaksana dan saya juga meyakini pasti ada dinamika di internal pengurus, terkait dengan gawai Dayak ini  saya meyakini semua proses ini tidak ada yang sempurna tetapi saya yakin saya percaya bahwa tahun ini agenda gawai Dayaknya sangat luar biasa,"puji Bupati.

Pada kesempatan Bupati Sekadua juga mengucapkan terima kasih kepada Subsuku Dayak Mentuka, yang tahun ini menjadi tuan rumah untuk ritual adat gawai Dayaknya yaitu "nyapat soa nyimak juyokng," yang tentu gawai ini merupakan wadah bagi orang Dayak dalam rangka melestarikan adat dan budaya dengan satu kata kuncinya bahwa kita semua ingin melestarikan adat dan budaya apapun dinamikanya apapun modelnya.

"Niat kita bersama adat istiadat bahwa dunia boleh berkembang dunia boleh berubah tetapi adat istiadat dan budaya kita tidak boleh tenggelam, ini yang sangat saya harapkan kepada para pengurus DAD Kabupaten Sekadau agar semakin tahun semakin kompak bagaimana  kita memastikan semua tradisi Subsuku Dayak yang ada di Kabupaten Sekadau ini dapat bagian dalam rangkaian perhelatan gawai Dayak yang besar seperti ini, karena dalam kesempatan inilah mereka menyampaikan terkait dengan budaya dan adat istiadat mereka,"tambah Bupati sambil menyampaikan bahwa dirinya akan maju lagi bersama Subandrio di Pilkada bulan November ini.

Bupati Aron berharap bahwa even-even seperti ini harus betul-betul bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten sekadau,oleh semua warga kabupaten.

"Saya berharap agar event gawai ini bisa dirasakn oleh warga Kabupaten sekadau dan sekitarnya,"tambah Bupati asal Ng Mahap ini.

Bupati juga memuji proses perlombaan-perlombaan yang ada dan seleksi bujangan - dara yang menurutnya bukan asal-asal.

"Saya pikir semakin tahun  semakin berkembang terkait dengan seleksinya dan kita melihat yang juga menjadi juara itu bukan ecek-ecek lagi  itu artinya berdasarkan hasil seleksi dari para panitia kita yang luar biasa,"tutup Aron.

Untuk diketahui bahwa ketua DAD sudah menyampaikan bahwa yang menjadi penanggung jawab gawai tahun 2025 nanti adalah Suku Dayak Taman.(Ika)

Editor: Penjab Radio Dermaga 

Info ini bisa disimak di HP Android Anda klik dermagafm.com di google chrome...



Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya