Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Ini dia Prosesi Penerimaan Seminaris Baru di Sekadau

Para seminaris bersama Pastor Dilan CP di Kapel Seminari Sto Gabriel Sekadau.

Sekadau dermagafm.com - Proses Penerimaan Seminaris Baru di Seminari Sto Gabriel Sekadau berlangsung unik dan disiplin. Hal ini terlihat pada waktu prosesi penerimaannya yang berlangsung 6 hari di kota Sekadau sampai pada Perayaan Misa Penerimaan Seminaris Baru pada hari Minggu tanggal 7 Juli 2024 yang lalu.

Para seminaris atau siswa yang mempunyai niat menjadi calon Pastor atau Bruder ini setelah pendaftaran dan kedatangan ke seminari hari Minggu 30 Juni, semua kegiatan sudah terjadwal hingga hari Sabtu tanggal  6 Juli 2024 dimana masing-masing hari diisi dengan Misa Kudus di jam 05.30 hingga jam 06.30 pagi dan malam harinya ditutup dengan doa Completorium, artinya doa penutup sebagai ucapan terima kepada Allah atas bimbingan selama satu hari.

Acara rutinitas seperti mencuci peralatan dapur, pakaian pribadi semuanya sudah terjadwal dengan baik.

"Ini memang sudah menjadi tradisi seminari khususnya di Kongregasi Passionis di mana kita melatih para seminaris untuk hidup disiplin dengan jadwal yang sudah mereka lihat bersama-sama dan hal ini penting karena mereka punya latar belakang yang berbeda di SMP atau di keluarganya masing-masing dan melalui jadwal ini para seminaris nanti bisa pelan-pelan membentuk karakter yang mandiri," demikian kata Pastor Dilan CP selaku Rektor Seminari.

Di hari Rabu tanggal 3 Juli jam 08.30-11.30 mereka mengikuti kegiatan outbound di sekitar kompleks seminari dan menurut penuturan Pastor Dilan CP kepada Radio Dermaga, ini semua bertujuan pengenalan terhadap lingkungan dan alam sekitarnya.

Para seminaris yang berjumlah 35 orang ini terlihat bersemangat dan kompak walau baru bertemu dengan teman-temannya dan pada hari Kamis tanggal 4 Juli diadakan Ziarah ke Gua Maria Mungguk Ransa dengan tujuan memperdalam pengalaman rohani dan komunikasi dengan alam dan Bunda Maria.

Pastor juga menyampaikan kepada Radio Dermaga bahwa kegiatan ini full 11 sesi dimana para seminaris diajak dan disiplinkan dengan jadwal yang tersusun rapi.

"Hidup ini harus terjadwal dengan baik dan untuk memulainya melalui skedul yang memang sudah menjadi tradisi di setiap seminari.dan dengan demikian mereka akan merasakan bahwa hidup itu penuh makna,"tambah Pastor Dilan CP.

Pada hari Jumat tanggal 4 Juli para seminaris diajak mempersiapkan Misa Penerimaan Seminaris Baru pada hari Minggu tanggal 6 Juli dan hari Sabtu tanggal 5 Juli, mereka diajak untuk evaluasi tentang berbagai kegiatan yang sudah berjalan supaya tahu dimana kekurangan dan kelebihan.

Menurut Pastor Dilan CP, mereka nantinya akan dibina dengan program Spiritual Quality, Intelektual Quality, Emotional Quality dan Aksional Quality yang dalam pengertian bahwa peningkatan kualitas spiritual, kualitas intelektual, emosional dan aksional yang berarti menciptakan makna serta memiliki tujuan guna menentukan pilihan nyata kedepannya.(NB)

Editor Penjab Radio Dermaga

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100 9 FM atau bisa didengarkan melalui HP Android Anda klik di google chrome dermagafm.com, klik tanda play.





Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya