Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Ketua Panita Gawai Dayak ke 13 Siaran di Radio Dermaga:Gawai Siap dilaksanakan

Ketua Panitia Gawai Dayak XIII bersama Koordinator Seksi Dokumentasi onair di radio dermagafm.com dan TikTok dermagamedia yang ditonton oleh 156 orang.

Sekadau dermaga fm.com- Ketua Panitia Gawai Dayak ke-13 Kabupaten Sekadau- Martinus Ridi SKM MM menyampaikan informasi terkini melalui Radio Dermaga Sekadau, terkait dengan pelaksanaan proses pelaksanaan gawai dayak yang akan dilaksanakan tanggal 23 sampai dengan 27 juli 2024 dan acara ini dilaksanakan di radio Dermaga Sekadau hari Jumat tanggal 20 Juli 2024. 

Turut hadir mendampingi Ketua Panitia yaitu koordinator seksi dokumentasi, Hartono s.sos yang dalam keterangan mengatakan bahwa tugasnya selaku Koordinator Seksi Dokumentasi memastikan bahwa dokumentasi yang dirancang bisa berjalan dengan baik.

"Terima kasih kepada Radio Dermaga yang sudah mengundang Panitia untuk menyampaikan proses pelaksanaan Gawai Dayak Ke-13 dan tugas saya untuk memastikan bahwa dokumentasi dan publikasi bisa berjalan sesuai rencana,"kata Hartono.

Sementara Ketua Panitia Gawai Dayak Ke-13, Ridi menjawab pertanyaan Radio tentang makna Thema Gawai Dayak kali ini yang mengusung "Pelestarian Adat dan Budaya Dayak Dalam Kemajuan Teknologi demi terciptanya masyarakat yang maju, sejahtera dan bermartabat."

"Ini jelas bahwa panitia ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat agar mempertahankan adat dan budaya nya di tengah kemajuan teknologi yang saat ini yang sudah masuk ke semua jenis kehidupan masyarakat dan saya sebagai Ketua mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Sekadau agar  memanfaat teknologi secara positif dan bijaksana khususnya dalam rangka pelestarian  adat dan budaya,"ujar Ridi yang hari-harinya adalah Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sekadau ini.

Terkait dengan Persiapan Panitia, Ridi menjelaskan bahwa panitia sudah siap melaksanakan Gawai pada hari Selasa tanggal 23 Juli.

"Panitia sudah siap pak Nico dan nanti diharapkan Radio Dermaga sebagai satu-satunya Radio yang ada di Sekadau ini bisa menyiarkan secara langsung even pembukaannya ya,"kata Ridi berseloroh.

Adapun lomba yang akan dilaksanakan nanti antara lain lomba Seni Kreasi, meliputi :Lomba Bujang dan Dara Gawai, lomba Tari Kreasi Dayak lomba Pop Singer Lagu Dayak dan lomba Fashion Show Busana Dayak.

Sedangkan lomba Permainan Rakyat, Seni dan Kerajinan yaitu antara lain lomba Menganyam Tikar, lomba Menganyam Raga', lomba Mengukir Perisai, lomba Menumbuk dan Menampik Padi dan lomba Menyumpit serta lomba Pangkak Gasing.

"Peserta yang akan berlomba berasal dari 7 DAD Kecamatan dan tentu saja seperti tahun-tahun sebelumnya lomba ini terbuka untuk umum dan perlu juga diketahui oleh para pendengar bahwa setiap selesai lomba akan diumumkan pemenangnya langsung sekaligus diberikan hadiah setelah pengumuman pada malam harinya dan untuk artis akan menghibur kita mulai dari pukul 18.30 sampai dengan pukul 19.00 akan tampil artis-artis lokal dari kabupaten Sekadau. 

Terkait dengan artis malam penutupan nanti, Ketua Panitia Gawai Dayak Ke-13 mengatakan bahwa akan ada 3 artis yang akan menghibur masyarakat kabupaten Sekadau dan sekitarnya.

"Artis nanti akan ada 3 artis utama yang akan menyumbangkan suara emasnya bagi kita semua, yaitu VGD, Desi dan satu nya lagi ya...karena itu melalui Radio dan media lainnya kami mengundang seluruh masyarakat untuk hadir dan menyaksikan acara dan silahkan berbelanja di stand- stand yang ada,"katanya.

Pada bagian penutup siaran dan setelah Ketua Panitia menyampaikan salam penutup dan salam kepada penonton Tiktok @dermagamedia, Ketua menyampaikan satu pantun bagi masyarakat Sekadau.

"Ke Riam batang pergi menuai//Cari umbut ke kampung boti//Selamat Datang para temuai//Kami sambut dengan senang hati,"tambah Ketua.

Melalui Radio Dermaga Ketua Panitia Gawai Dayak Ke-13 mengajak masyarakat untuk hadir pada event pembukaan tanggal  23 Juli plus 5 hari acara sampai pada penutupan tanggal 27 hari Sabtu atau malam Minggu.(NB)

Editor Penjab Radio Dermaga 

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100 9 FM atau di hp android anda, klik di google chrome Ketik dermagafm.com


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya