Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Radio Dermaga: KPU Sosialisasi Tahapan Pilkada

Foto: Talkshow KPU di Radio Dermaga, sebagai satu-satunya radio di kota Sekadau.

Sekadau, dermagafm.com - Pilkada 2024 sudah memasuki beberapa tahapan untuk persiapan Pilkada terutama di bulan Juli tahun ini.

Hal ini dikatakan oleh Siti Nur Aisah, Komisioner KPU Kabupaten Sekadau divisi sosialisasi pemilih dan partisipasi masyarakat yang didampingi oleh staf KPU - Muhadis,  saat siaran di Radio Dermaga, hari Selasa tanggal 30 Juli 2024.

"Belum lama ini KPU baru menyelesaikan pencoklitan data pemilih, dan tanggal 1 Agustus kita akan melaksanakan  rekapitulasi di tingkat TPS untuk data sementara kemudian nanti akan dilanjutkan di tingkat PPK dan kemudian berlanjut di tingkat kabupaten,  kami sudah melaksanakan beberapa kali sosialisasi mulai dari stakeholder kemudian  kemarin juga Kita sudah melaksanakan sosialisasi dan silaturahmi bersama teman-teman disabilitas,"ujar satu-satunya komisioner KPU wanita ini.

Menjawab pertanyaan radio dermaga tentang kegiatan KPU dalam rangka sosialisasi ini, Siti Nur Aisah mengatakan bahwa akan ada kegiatan sosialisasi terhadap pemilih pemula.

"Kita jadwalkan kembali untuk teman-teman pemilih pemula yang rencananya akan kami ubah konsepnya dari pemilu yang sebelumnya karena yang sebelumnya itu kita mengadakan sosialisasi dalam bentuk cerdas cermat, kali ini kami melakukan sosialisasi itu ke sekolah-sekolah di tingkat SMA, karena mereka tidak melaksanakan PKL ini yang akan kita lakukan,", koordinator divisi sosialisasi KPU. 

Siti Nur Aisah menjelaskan bahwa di Bulan Agustus akan melaksanakan tahapan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati tentunya untuk yang di Provinsi Gubernur dan Wakil Gubernur, untuk pendaftaran Pasangan calon tanggal 27 sampai tanggal 29 agustus . 

"Pengumuman pendaftarannya itu di tanggal 24 sampai 26  dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan untuk calon tanggal 27 Agustus sampai dengan 2 September 2024, jadi kalau kita lihat memang tahapan ini tidak terlalu jauh menonton waktunya dibandingkan dengan pemilu, 

Terhadap pertanyaan Radio Dermaga tentang bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih, Siti Nur Aisah mengatakan bahwa proses Pilkada hanya kurang lebih 8 bulan, jadi harus kejar target khususnya untuk sosialisasi agar bisa memaksimalkan bisa meningkat partisipasi masyarakat.

"Tetapi dengan catatan tidak 100% lah...kalau 100 % jelas ada yang salah lah ya pk Nico... dan tanggal 4 September kita akan mengadakan tahapan penelitian perbaikan persyaratan administrasi calon dan penelitian dokumen syarat calon pengganti, kemudian di tanggal 6 September sampai 8  September perbaikan dan penyerahan perbaikan persyaratan administrasi calon dan pengajuan calon pengganti, tanggal 5 sampai 6 September pemberitahuan hasil penelitian,  tanggal 15 sampai 21 September 2024 klarifikasi atas masukan dan tanggapan masyarakat, dan ada pengundian dan pengumuman nomor urut Pasangan calon,"tambahnya.

Selain itu Komisioner KPU Siti Nur Aisyah juga menyampaikan bahwa KPU hanya sebagai media untuk penyelenggara Pilkada sedangkan untuk pengawasan sendiri itu ranahnya di Bawaslu.

Siti Nur Aisyah juga menyampaikan bahwa KPU sudah akan menerima tenaga KPPS melalui web KPU, bahwa pada akhir Oktober atau awal November dengan fokus SDM yang memadai karena KPPS inilah yang menjadi mitra utama KPU di lapangan.(FJ)

Editor: Pen Jab Radio Dermagafm. 

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100,9 FM atau di dermagafm.com.

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya