Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Simak anggota IPARI RI Sekadau Sharing Pengalaman Penyuluh di Radio Dermaga Sekadau

Sharing Peran Penyuluh Agama di Kabupaten Sekadau melalui Radio Dermaga Sekadau 

Sekadau, dermagafm.com - Anda tentu tahu tentang apa Tugas dan Fungsi Penyuluh Agama, baik agama Katolik, Islam, Kristen Protestan dan yang lainnya.

Fungsi para penyuluh Agama yang tergabung dalam Pengurus Daerah Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (PD IPARI RI) diingatkan kembali saat siaran bersama Radio Dermaga 100 9 FM Sekadau pada hari Selasa tanggal 9 Juli 2024.

Hadir di radio Dermaga Sekadau, K huetua PD IPARI RI, Anny Izza, kemudian Seepuloh, Ibu Derpina Siahaan, Muhammad Ihsan,  Bosko, Yusbinus Rudi .

Dalam acara yang di handle oleh Nico Bohot selaku Host nya ini berlangsung satu jam yang dimulai pukul 13.15 hingga pukul 14.15 dan disiarkan langsung melalui TikTok  @mediadermaga yang ditonton oleh 30 orang.

Yang menarik adalah kehadiran Muhamad Ikhsan yang agak terlambat ini menceritakan bahwa keterlambatannya karena mencari lokasi Radio Dermaga hampir 20 menit barulah ditemukan nya.

"Sebenarnya saya datang tidak terlalu lambat namun karena ssya kurang fokus mencari lokasi Radio ini, saya sesat atau kelewatan sampai dua kali, lalu saya sadar saat saya gunakan hati saya, baru saya liat tower Radio Dermaga ini,"ujar Muhamad Ikhsan sambil tertawa.

Menjawab pertanyaan Radio Dermaga tentang peran penyuluh, Bosko menjelaskan bahwa Fungsi penyuluh adalah fungsi informatif artinya penyuluh adalah tempat memperoleh informasi tentang kehidupan beragama. 

"Peran atau fungsi pertama Informatif, selanjutnya fungsi edukatif sebagai tenaga pendidik dan diberi amanat apa itu artinya beragama yang dianut umatnya, fungsi ketiga adalah fungsi advokatif artinya penyuluh membela iman umatnya karena ada satu ancaman fihak lainnya dan fungsi terakhir adalah peran Konsultatif dimana penyuluh agama sebagai tempat bertanya dan tempat mengadu,", ujar Bosko.

Terkait dengan peran penyuluh ini semua penyuluh menyetujuinya dan saat pertanyaan radio tentang moderasi beragama, semua setuju bahwa apa yang dilakukan saat ini di radio Dermaga adalah bagian dari moderasi beragama.

"Saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh Radio tentang pentingnya peran kita sebagai penyuluh beda agama ini untuk ngumpul bareng misalnya di acara radio dermaga ini sekaligus kita lah yang lakukan moderasi, umat yang lain pasti akan mengikuti apa yang sudah kita lakukan dengan ngopi bareng tentu nantinya akan berbicara bahwa para penyuluh saja akrab satu sama lainnya, mari kita ikuti,"kata Ketua IPARI Sekadau, Anny Izza.

Saat Radio Dermaga mengusulkan tawaran siaran  bersama kedepannya, para penyuluh setuju dan nanti akan disampaikan kepada kepala Kantor Kemenag Kab Sekadau agar nantinya bisa dibuatkan jadwal. (NB)

Editor Penjab Radio Dermaga 

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100 9 FM atau bisa didengarkan melalui HP Android, klik di google chrome dermagafm.com

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya