Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Tahu Rimba Engkulong? Berikut Kata Kades Setawar Saat Siaran di Dermaga FM Sekadau

 

Nasarius Kem S.Sos Kades Setawar on-air di Radio Dermaga Sekadau.
Sekadau, dermaga fm.com - Terima kasih kepada masyarakat Desa Setawar  yang sudah mensupport deklarasi hutan rimba Engkulong menjadi hutan desa dan juga terima kasih kepada warga Setawar karena sudah mendukung proses pembangunan, baik di tingkat desa, dusun, PKK dan yang lainnya hingga saat ini berjalan lancar dan saat ini 2 warga sedang mengikuti pelatihan pengelolaan hutan di luar. 

Hal ini dikatakan oleh Kades Setawar, Nasarius Kem S.Sos saat siaran di radio Dermaga belum lama ini.

Kades Setawar bercerita tentang proses deklarasi Rimba Engkulong beberapa waktu yang lalu dimana seluruh warganya dengan bangga dan rela mendeklarasikan Rimba Engkulong menjadi hutan desa dengan luas 170 ha. 

"Kepada PT. Agro Andalan dalam hal ini, kepada Pak Imanuel selaku pimpinan yang mensupport Desa Setawar yang selama ini sudah banyak mendukung berbagai kegiatan di desa melalui dana CSR, corporate social responsibility, juga kepada Serikat Petani Kelapa Sawit yang berinisiatif melakukan pemetaan hutan bersama lembaga lainnya,"kata Nasarius Kem.

Kades Setawar juga mengatakan bahwa di desanya ini terdapat kebun sawit perusahaan Agro yang mengelilingi hutan desa ini dan beberapa waktu yang lalu wartawan Singapura Air Times sudah wawancara tentang petani sawit pelestari hutan dan sudah berkunjung ke lokasi tersebut.

'Saat ini Universitas Kapuas Sintang Fakultas Kehutanan sudah bertemu dengan kami untuk meminta persetujuan kami agar diperbolehkan menjadikan hutan desa ini sebagai pusat studi kampus Unka Sintang, juga beberapa LSM di luar Sekadau seperti HSCA, High carbon stock approach dan F4 sebagai kelompok Petani Pelestari Hutan yang saat ini sudah mendukung beberapa kegiatan seperti pendokumentasian, pencatatan dan lainnya,"tambah Kades Setawar.

Kades juga bertutur tentang peran aktif masyarakat sebagai petani padi sawah yang juga disupport oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau dengan kehadiran Bupati Sekadau Aron SH ke lokasi dan terakhir Bupati Sekadau hadir saat panen perdana.

"Terima kasih pada Pemda Kabupaten Sekadau yang sudah banyak memberikan dukungan kepada masyarakat Setawar, dimana kami dibantu 15 ribuan bibit ikan oleh dinas terkait.

Saat menjawab pertanyaan Radio tentang peran PKK di desanya, Kades menjelaskan bahwa PKK desa saat ini sudah memiliki 300 san induk ayam petelor yang saat ini dikelola oleh PKK dan sudah mampu mensupport konsumsi untuk Desa dan fihak perusahaan.

"Terima kasih kepada Tim PKK Desa yang sudah berani berbuat lebih kepada masyarakat di sana dan terima kasih kepada pihak lainya yang sudah mendukung Ibu-ibu PKK,"tutup Kades.

Editor Penjab Radio Dermaga 

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100 9 FM atau bisa didengarkan melalui HP Android Anda klik dermagafm.com


1 Komentar

Berita Baru Berita Lainnya