Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Acara Talkshow Radio: AMAN Kalbar Siap Muswil

Acara Talkshow Radio Dermaga dengan
Plh AMAN Kalbar 
Sekadau dermaga fm.com - Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kalimantan Barat siap lakukan musyawarah wilayah untuk pemilihan pengurus  Daerah yang akan diadakan di Tapang Sambas tanggal 27 - 28 Agustus 2024. 

Hal ini dikatakan oleh PLH AMAN Kalbar Bung Tono saat siaran di radio Dermaga pada hari Senin tanggal 5 agustus 2024. 

Menjawab pertanyaan radio Dermaga tentang apa sebenarnya yang disebut dengan aliansi masyarakat adat Nusantara, PLH AMAN Tono menjelaskan bahwa Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (disingkat AMAN) adalah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun berbagai komunitas masyarakat adat dari berbagai wilayah di Indonesia. Pembentukan AMAN merupakan hasil keputusan dari Kongres Masyarakat Adat Nusantara I yang diadakan pada tanggal 17 Maret 1999 di Hotel Indonesia, Jakarta. 

Terkait dengan Kegiatan utama dari AMAN adalah intervensi kebijakan di tingkat mancanegara dan nasional, membina persatuan global masyarakat adat, dan sebagai juru bicara dalam perundingan internasional yang terkait dengan keanekaragaman hayati, pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim dan pengembangan standar Hak Asasi Manusia masyarakat adat. Wilayah kegiatan dari AMAN adalah di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Tono juga menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan masakan adat memilik syarat yaitu pertama' terdapat masyarakat Adat nya, 2. Menempati suatu tempat tertentu; 3. Ada kelembagaan; 4 Memiliki kekayaan bersama; 5. Susunan masyarakat adat

"Saya dan kawan-kawan baru saja pulang dari Melawi dalam rangka menghadiri pemilihan pengurus aman tingkat Kabupaten Melawi dan sudah terpilih saudara hermanus dan ini kami menghadiri undangan peresmian rektorat I TKK dan bertemu dengan Bung Nico dari radio dan mengajak kita bincang-bincang terkait dengan rencana aman yang akan mengadakan pada akhir Agustus tahun ini," ujar Tono.

Tono yang juga aktivis Pemuda Katolik Kalimantan Barat ini menyatakan juga bahwa musyawarah wilayah atau muswil yang akan diadakan di Tapang Sambas akhir bulan Agustus ini akan mengadakan pemilihan pengurus baru di mana dirinya juga salah satu calon ketua aman Kalbar. 

"Terdapat 184 komunitas yang nanti akan mengadakan musyawarah wilayah dalam pemilihan pengurus baru dan tentu saya selaku PLH ketua AMAN Kalbar, saya juga mencalonkan diri sebagai calon ketua, nah karena kami di AMAN itu biasanya cara yang dipakai adalah musyawarah untuk mufakat, nanti silakan kepada para perwakilan komunitas,  mereka melihat siapa yang terbaik dan mudah-mudahan mereka tidak salah pilih nanti,"ujarnya.

Saat ditanya kans memenangkan jabatan Ketua AMAN Kalbar, Tono menyatakan dirinya siap jika dipilih oleh anggota komunitas.

"Melanjutkan program yang sudah berjalan dan tentu saja ada berapa program baru nanti akan disampaikan terutama dalam memperjuangkan hak dan pengakuan masyarakat Adat oleh pemerintah dimana akan kita tawarkan kepada para calon Gubernur dan calon Bupati sejauh mana mereka melihat masyarakat adat ini sebagai rakyatnya atau sebagai objek pemilu yang artinya setelah pemilu maka masyarakat kembali tidak mendapat perhatian dari pemerintah,"tutupnya.

Editor penJab radio dermaga 

Ini bisa disimak di dermaga fm 100,9 FM atau di HP Android anda, klik di Google chrome tulis dermaga fm.com.




 

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya