Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Muswil AMAN ditutup: Tono Terpilih Sebagai Nahkoda-nya.

Foto bersama Ketua AMAN terpilih-Tono dengan ke-7 DamanWil AMAN 2024-2029

Sekadau dermaga fm.com - Muswarah wilayah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara- AMAN  yang berlangsung di Dusun Tapang Sambas Desa Tapang Semadak dari tanggal 27 sampai 28 Agustus 2024, ditutup secara resmi di malam hari dengan hasil terpilih nya Saudara Tono sebagai Ketua Badan Pengurus Harian atau Ketua AMAN Kalbar untuk periode 2024-2029.

Terpilihnya Tono yang sebelumnya menjabat sebagai Plt Ketua selama kurang lebih 1 tahun ini berjalan cukup alot juga. Hal ini terjadi karena sebelumnya terdapat dua calon Ketua yakni Saudara Tomo, yang menjabat sebagai Ketua AMAN Kapuas Hulu yang secara resmi menurut Panitia, sah menjadi calon Ketua. 

Awalnya kedua calon Ketua ini diberi kesempatan musyawarah mufakat siapa yang siap menjadi ketua namun hal ini tidak terjadi karena masing-masing tidak mau mengalah.. akhirnya dilakukan musyarawah yang dipandu oleh 7 DamanWil yang baru dengan Ketua Glorio Sanen, yang berlangsung hampir satu jam, dimana hasilnya saudara Tomo memilih mundur dari pencalonan dan tetap menjadi Ketua Aman Kapuas Hulu dan dengan demikian menyerahkan kepada Tono sebagai Ketua AMAN Kalbar periode 2024-2029.

Setelah negosiasi ini selesai, dilanjutkan dengan pengucapan sumpah dan janji AMAN yang dipandu langsung oleh Sekjen AMAN Nasional Saudari Rukka Sombolinggi dan ditutup dengan upacara adat oleh tetua Adat Suku Dayak Desa.

Sementara itu pada bagaian akhir, Saudara Tono dalam kesempatan sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mengkhususkan musyawarah wilayah ke-4 AMAN Kalbar.

"Terima kasih kepada semua komunitas yang berasal dari seluruh wilayah Kalimantan Barat, yang sudah mengikuti MusWil AMAN keempat tahun 2024 ini, Terima kasih juga kepada saudara Tomo yang dengar rendah hati memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi Ketua Badan Pengurus Harian AMAN Kalbar,"katanya.

Tono juga mengingatkan kepada seluruh komunitas masyarakat adat di Kalimantan Barat bawa tantangan masyarakat adat makin kuat ke depan dengan ditetapkannya proyek-proyek nasional di Kalimantan Barat ini termasuk dengan rencana pembangunan PLTN di Kalimantan Barat. 

"Saya sangat berharap kepada seluruh komunitas masyarakat adat yang ada di Kalimantan Barat ini agar sama-sama memperkuat diri memperkuat kampungnya masing-masing untuk menolak pembangunan listrik tenaga nuklir di Kalimantan apapun alasannya,"tutupnya yang langsung disambut dengan tepuk tangan meriah oleh peserta.

Sebagai catatan akhir,  muswil AMAN menghendaki agar PD Aman yang terpilih periode 2024-2029 ini melaksanakan tugas sesuai dengan anggaran dasar anggaran rumah tangga, tidak seperti pengurus sebelumnya yang dianggap kurang sesuai dengan harapan organisasi. (Radio)

Editor penJab radio 

Info ini bisa didengarkan melalui HP anda klik di Google chrome dermaga fm.com.




Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya