Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Rektorat Institut Teknologi Keling Kumang, diresmikan : Rektor Katakan "Kita Bangun Kolaborasi Antar Intelektual Kampus dan Intelektual Kampung".

Foto: Rangkaian Peresmian Rektorat ITKK

Sekadau, dermagafm.com - Rektorat Institut Teknologi Keling Kumang di kota Sekadau, diresmikan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Dr. Drs. Muhamad Akbar  M.Si pada hari Senin tanggal 5 Agustus 2024.

Tamu-tamu yang hadir berasal dari Malaysia-Sarawak, Kalteng, Kalsel, dan Kaltara, Jakarta, Tangerang yang mensupport keberadaan lembaga CU Keling Kumang, sementara dari Kapuas Hulu hadir Apai Janggut bersama team adatnya, dari Suku Dayak Iban. Juga hadir tokoh-tokoh pendiri CU KK, perintis dan para menejer CUKK serta sejumlah undangan lainnya.

Rektor ITKK Dr.Drs. Stefanus Masiun SH dalam sambutannya mewakili seluruh civitas akademik mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua yang hadir di acara peresmian rektorat ITKK.

"Kami gembira dan berterima kasih karena ibu bapak menyediakan waktu untuk datang ke tempat ini melewati perjalanan yang panjang dan melelahkan, ibu bapak datang dari Tangerang, dari Jakarta dari Kalimantan Utara dari Kalimantan Tengah, Pontianak dan tempat lainnya. sebab saat dies natalis ke -4 hari ini 5 agustus 2024 gedung rektorat dapat diresmikan,"ujar Rektor .

Rektor juga mengatakan bahwa dalam kesempatan istimewa ini selain peresmian kampus Institut Teknologi KK juga dilakukan seminar 2 hari yang dedikasikan sebagai tempat pertemuan intelektual kampus dan intelektual kampung.

"Intelektual kampung adalah tempat produksi pengetahuan adat istiadat, oleh karena itu kolaborasi antara keduanya menjadi sangat penting untuk menemukan jejak peradaban dan membangun peradaban intelektual kampus,"tambahnya.

Rektor ITKK yang juga Ketua BOD CUKK ini juga mengatakan bahwa perguruan tinggi ITKK adalah berbasis masyarakat adat.

"ITKK ini nantinya dihargai sebagai perguruan tinggi yang berbasis masyarakat adat yang ingin mengangkat tinggi keberadaan para intelektual yang berada di kampung-kampung mereka seringkali menjadi narasumber oleh para peneliti dalam dan luar negeri, tetapi setelah penelitian itu dilakukan mereka sering tidak dihargai,"tambahnya lagi.

Sementara itu bupati Sekadau Aron SH dalam sambutannya ucapkan banyak terima kasih kepada yayasan paling Kumang yang sudah membantu masyarakat mengembangkan pendidikan yang membanggakan masyarakat.

"ITKK ini menjadi kebanggaan kita semua khususnya wilayah Kalbar 2 dan lebih khusus lagi untuk Pulau Kalimantan ,"puji Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa bidang pendidikan ini menjadi pembicaraan pemerintah maupun perguruan tinggi yang ada di Kalimantan dan Bupati berharap perguruan tinggi ini menjadi yang terbaik di wilayah Kalimantan Barat ini. 

"Saya berharap bahwa perguruan tinggi ini menjadi yang terbaik di wilayah Kalimantan Barat ini sebab saya melihat para pengurus, dosen semuanya sudah mumpuni,"harap Bupati.

Editor: PenJab Radio Dermaga 

Info ini bisa didengarkan melalui HP klik di Google chrome, dermagafm.com.

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya