Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Visitasi Budara Gawai Kalbar Ke Radio Dermaga: Lestarikan Budaya

Budara Gawai Dayak Kalbar 2024 saat bincang-bincang tentang pentingnya Pelestarian budaya

Sekadau dermaga fm.com - radio dermaga mendapat kunjungan bujang dan dara gawai Kalimantan Barat ke radio dermaga pada hari Jumat tanggal 30 Agustus 2024.

Adalah Angelina Apriyanti Bulaan selaku dara gawai Kalbar 2024 bersama rekannya Paulus Setiawan Jodi selaku Bujang Gawai Kalbar 2024 dan Visitasi kedua bujang dan dara gawai ini di fasilitasi oleh Tawak Borneo Sekadau dengan youtubenya yang dipandu langsung oleh ketuanya, Bung Vero Aprolonius bersama teamnya.

Vero Aprolonius yang juga salah satu perintis Sekolah Adat Radio Dermaga ini mengatakan dirinya memang sengaja mengajak mereka ke bertandang ke radio dermaga sebagai satu-satunya radio siaran yang ada di kota Sekadau dan telah menerima Anugerah kebudayaan Indonesia dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan sebagai pelestari budaya tahun 2022 yang lalu.

"Saya senang sekali mereka bisa hadir ke radio Dermaga ini biar mereka melihat sendiri apa yang sudah dilakukan oleh radio Dermaga untuk kebudayaan selama 30 tahun dan mereka juga hadir ke radio ini agar bisa juga menceritakan bagaimana proses mereka mendapatkan predikat bujang dan dara gawai tingkat Provinsi Tahun ini,"katanya.

Jodi, Bujang Gawai Dayak Kalbar merasa sangat senang bisa datang ke radio dermaga karena baru ini dirinya melihat radio masih  eksis di tengah zaman yang sudah begitu maju. 

"Saya bangga lihat Pak Niko yang sudah 30 tahun mempertahankan dan melestarikan budaya melalui radio Dermaga ini, salut Pak, mudah-mudahan ini nanti bisa diteruskan oleh Bung Vero dan kawan-kawan generasi muda berikutnya,"kata Jodi.

Sementara itu Bulaan, dara gawai Dayak Kalbar yang berasal dari Putussibau dari suku Dayak Apo Kayaan, mengungkapkan kebahagiaannya setelah melihat dokumentasi foto-foto kegiatan yang dilakukan oleh radio ini, sertifikat dan piagam penghargaan sejak tahun 94 sampai dengan tahun 2024 ini. 

"Luar biasa radio Dermaga ini, saya sendiri barulah tahu bahwa masih ada radio sampai saat ini dan radio ini luar biasa kerjasamanya dengan berbagai lembaga dari UNESCO, kedutaan Eropa sampai dengan LSM serta pemerintah,"katanya.

Kedua Budara Gawai Dayak Kalbar berharap supaya generasi muda berikutnya jangan lupa melestarikan budaya walaupun teknologi sudah berkembang luar biasa, budaya harus dipertahankan dan dilestarikan seperti yang dilakukan oleh radio Dermaga ini. 

Sebagai informasi bahwa Kedua Budara ini terpilih sebagai Putra Putri Budaya utusan Kalbar yang akan mengikuti kontestasi ke tingkat yang lebih tinggi pada bulan Oktober 2024 yang akan berlangsung di Kota Palu Sulawesi Tengah.

Saat wawancara berlangsung, hadir pula Bujang dan Dara gawai kabupaten Sekadau, yaitu saudara Hosea selaku Bujang gawai kabupaten Sekadau 2024 dan Adela Yolanda selaku gara gawai  kabupaten Sekadau 2024.(Radio)

Editor penJab radio dermaga.

Info ini bisa dengarkan melalui radio Dermaga 100,9 FM atau melalui HP Android Anda klik di chrome dermaga fm.com tekan tanda play.



Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya