Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Wawancara Radio dengan Dr. Stefanus Masiun: Gedung Siap diresmikan


Foto: Rektor ITKK Dr. Drs. Stefanus Masiun 

Sekadau dermaga fm.com - Gedung Institut Teknologi Keling Kumang terletak di jalan Sekadau- Sintang Km 4 kota Sekadau - siap diresmikan pada hari Senin tanggal 5 Agustus 2024. 

Hal ini dikatakan oleh Rektor ITKK Dr. Drs. Stefanus Masiun saat diwawancarai oleh radio dermaga, bertempat di ruang Rektor ITKK, pada hari Sabtu tanggal 3 Agustus 2024.

Berikut wawancaranya:

Radio Dermaga: Bagaimana persiapan 2 hari min H ini Pak Rektor?

Rektor: "Terima kasih pak Nico dari Radio Dermaga Sekadau. Persiapan sudah matang dan hari ini memasuki finishing nya dan besok tamu-tamu kita sudah banyak yang datang, dari Pontianak,  ada yang menggunakan mobil dan juga menggunakan pesawat terbang ke Sintang dan tim akan menjemput ke Sintang, sedangkan upacara adat peresmian nya sendiri akan dipimpin oleh Apai Jangut dari Desa Sungai Utik Kabupaten Kapuas Hulu. Juga akan hadir tokoh adat dari Tapang Sambas."

Radio Dermaga: Terkait dengan istilah "budaya"yang dipakai untuk nama kampus dan CU yaitu Keling Kumang, bisa pak Rektor sampaikan maknanya?

Rektor: "Keling Kumang ini adalah  nenek moyang, asal usul orang Dayak. Mereka bukanlah manusia normal seperti kita,  mereka adalah makhluk khayangan dan kita yakin mereka masih hidup dan masih ada sampai saat ini dan karena itu pada setiap bulan Januari CU Keling Kumang memanggil mereka dengan upacara adat. Nah kalau dalam istilah non Dayaknya, Keling dan Kumang ini  seperti Rama dan Sinta istilah India nya atau Romeo dan Juliet-nya orang Eropa."

Radio Dermaga: Siapa yang akan meresmikan gedung ini nanti pak?

Rektor : "Bupati Sekadau Aron SH akan hadir pada momen tersebut dan bersama Dr. Drs. Muhamad Akbar M.Si sebagai Kepala LLDIKTI XI Kalimantan yang akan meresmikan gedung ITKK, tentu bersama Bupati Sekadau. Pak Kepala LLDIKTI  saat ini sudah berada di Pontianak dan besok akan ke Sintang dan akan dijemput oleh tim ITKK ke bandara Tebelian Airport Sintang."

Radio: Bagaimana dengan undangan untuk tokoh-tokoh masyarakat di kota Sekadau dan sekitarnya?

Rektor: "Undangan cukup banyak, tokoh masyarakat, tokoh CUKK, anggota DPRD, Kadis terkait juga para kepala SMK  dan SMA,  para mahasiswa, dosen, ada undangan juga dari luar dari Malaysia -Sabah Sarawak dan dari Kalteng... Nanti selesai peresmian nanti akan ada seminar pada pukul 13.00 sampai dengan tanggal 6 Agustus.. dimana Kampus ITKK ada lounching 60 buah buku dan nanti akan mendapat Rekor  MURI untuk peluncuran buku terbanyak oleh sebuah kampus. Jadi-seminar ini dilakukan oleh Kampus ITKK sebagai sebuah perguruan tinggi di kota Sekadau dalam rangka peresmiannya"

Radio Dermaga: Apa yang bisa disampaikan kepada para anggota CU Keling Kumang terkait dengan peresmian kampus Keling Kumang ini?

Rektor: "Ini adalah hasil nyata mimpi dan harapan anggota CUKK yang pada tahun 2006 mengusulkan pendirian kampus dan baru sekarang kita bisa wujudkan,  itu berarti 14 tahun yang lalu ya pak Nico dan kita harapkan bahwa anggota CUKK secara khusus sudah memiliki kampus di kota Sekadau ini dan saya berharap anak-anak kita nanti bisa kuliah di sini dan tentu saja ITKK juga terbuka untuk umum- jadi kepada masyarakat di manapun silakan mendaftarkan di ITKK kita yang tercinta ini."

Sekedar informasi bahwa Keling dan Kumang sebagai nama kampus ITKK diabadikan dengan dua buah patung yang saat  Radio Dermaga datang mewawancarai, kedua patung Keling dan Kumang ditutup dengan kain warna merah untuk Keling dan warna biru untuk Kumang.

Interviewer: Drs.Nico Bohot 

Info ini bisa disimak melalui HP anda, klik di Google chrome dermaga fm.com dan tekan tanda play.



 











Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya