Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

BKSN Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau dibuka ....

Bupati Sekadau, Aron SH melepas Kontingen Pawai BKSN Paroki Sekadau
Sekadau, dermagafm.com - Kegiatan Bulan Kitb Suci Nasional di Paroki Sekadau, secara resmi dibuka oleh Bupati Sekadau, Aron SH bertempat di Betang YOuth Centre pada hari Selasa 24 September 2024.

Thema Bulan Kitab Suci Nasional tahun 2024 ini adalah “Allah sumber keadilan, Tuhan itu baik tempat perlindungan pada waktu kesusahan . Nahum Bab 1 ayat 7 dan acara ini diikuti oleh 14 Kring yang ada dalam kota Sekadau, sekolah-sekolah yang ada di kota Sekadau, kelompok kategorial dan umat lainnya yang diperkirakan berjumlah lebih dari 3 ribu orang.

Acara ini dimulai dengan pelepasan kontingan pawai yang dilakukan oleh Bupati Sekadau, didampingi oleh sejumlah SKPD, Sekretaris Keuskupan Sanggau, Pengurus DPP dan BPG serta tokoh masyarakat di kota Sekadau.

Teodorus Sutet selaku Ketua Panitia dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan daripada kegiatan bksn itu sendiri adalah menggerakan  umat  agar lebih mencintai Kitab Suci. 

"Perlu kami laporkan bahwa kegiatan BKSN ini dilaksanakan dari tanggal 24 September sampai dengan 28 Septenber 2024 yang di pusatkan di rumah Betang Youth Center Sekadau, sedangkan jumlah kepanitian BKSN  tahun 2024 ini berjumlah 172 orang yang terbagi atas panitia inti beserta kordinator seksi kegiatan dan kordinator  lomba,"kata Ketua.

Teodorus Sutet juga menyampaikn jenis-jenis  kegiatan BKSN  tahun 2024 adalah katekese, lomba  pawai, Lomba baca Kitab Suci,  lomba cerdas cermat Alkitab, lomba kuis Kitab Suci, lomba mazmur, loba pertandingan  volley ball putra/putri, bertutur Kitab Suci, lomba kotbah.

Sedangkan sumber dana untuk kegiatan ini adalah dari dana hibah Pemerintah Daerah, dari para donatur  dan sewa  stand dan warung.               

"Sebagai ketua BKSN ini saya beharap kita semua  untuk menjaga ketertiban  dan keamanan  selama kegiatan BKSN ini berlangsung  dari hari ini tanggal 24 sampai 28 September 2024 penutupan,  agar kegiatan kita ini berjalan aman tertib dan lancar,  menjaga ketertiban di stand dan di lingkungan betang ini juga menjaga kebersihan lingkungan betang ini agar kegiatan kita ini nampak indah dan elok dipandang mata,"tutupnya.

Sementaa itu Pastor Martinus, CP selaku Pastor Paroki Sekadau mengatakan bahwa Gereja Katolik Indonesia mengkususkan  bulan September  sebagai bulan Kitab Suci Nasional dengan tujuan mengajak seluruh umat  memberikan perhatian lebih kepada Kitab Suci melalui kegiatan-kegiatan membaca Kitab Suci, permenungan, pemdalaman Kitab Suci, Katekese, lomba-lomba seperti lomba cerdas cermat, Kotbah, bertutur membaca Kitab Suci, lomba Mazmur dan kuis Kitab Suci

"Thema Bulan Kitab Suci Nasionali tahun 2024 ini  mengangkat tema  Allah Sumber Keadilan dengan Subtema Tuhan itu baik tempat perlindungan diwaktu kesusahan, dengan mengangkat tema ini untuk menyadari kehadiran Allah yang selalu bertindak adil dengan caranya dalam kehidupan manusia dan  segala peristiwa yang terjadi," ujar Pastor.

Pastor juga menyampaikan bahwa bersma kedua Nabi Nahum dan Habakuk  umat diajak untuk melihat salah satu dari sifat Allah yaitu Maha Adil bagi ciptaan Nya. Dengan membaca  dan merenungkan nubuat –nubuat Nabi tentang keadilan Allah, kita semua  umat kristiani dan seluruh masyarakat  diundang untuk membangun sikap iman yang tepat ketika kita dihadapkan dengan ketidak adilan dan berjuang menegakkan keadilan ditengah Gereja dan masyarakat.

Pastor yang berasal dari desa Tapang Perodah ini juga menuturkan bahwa kegitan BKSN ini terselenggara atas kerja sama dengan segala pihak dan berkat kerja keras para panitia yang telah terbentuk untuk pelaksanaan gawai ini, kurang lebih dua bulan persiap dilakukan hingga terlaksananya hari ini.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau yang sangat mendukung dengan memberikan dana hibah  sehingga BKSN ini bisa berjalan  dengan baik. dan lancar, terimakasih kepada seluruh donatur  baik personal maupun komunal dan mohon partisipasinya semuanya,"tutup Pastor.

Editor: Pen Jab Radio Dermaga

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya