Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Pabrik Minyak Makan Merah Terintegrasi Koperasi Produsen APKS Sekadau, dimulai


  Ahmad Zabadi SH, MM Depuiti Bidang perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI, lakukan peletakan batu pertama Pembangunan Pabrik Minyak Makan Merah Terintegrasi

Sekadau, dermagafm.com - Pabrik Minyak Makan Merah Terintegrasi Koperasi Produsen APKS Sekadau,dimulai dengan peletakan batu pertama pembangunan yang dilakukan oleh Deputi bidang perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ahmad Zabadi, di Desa Gonis Tekam Kecamatan Sekadau Hilir, hari Sabtu 5 Oktober 2024.

Hadir dalam peletakan batu pertama tersebut, Pjs Bupati Sekadau, Frans Zeno, Asisten perekonomian dan pembangunan pemerintah provinsi Kalimantan Barat Ignatius, staf ahli Gubernur, para pimpinan OPD terkait di provinsi Kalimantan Barat,  anggota DPRD Kabupaten Sekadau yang juga Ketua SPKS Bernadus Mohtar, sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau,  serta tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua APKS Kabupaten Sekadau, Mikael dalam sambutannya menuturkan bahwa tujuan APKS didirikan adalah untuk koordinasi dan konsolidasi demi wujudkan program kelapa sawit yang berkelanjutan.

"Di Kalbar anggota petani kelapa sawit sebanyak 1.730 orang 84 kelompok tani dan luas lahan sebanyak 2.074, 6 ha, dengan TBS 39.800, 32 ton yang memungkinkan para anggota untuk mengembangkan usaha menuju industri pada sektor Hilir dan pembangunan pabrik minyak makan merah memerlukan investasi kurang lebih 23 miliar dana ini bisa didapatkan melalui pendanaan pihak ketiga baik dari APKS atau mengajukan kepada Kredit Usaha Rakyat," ujarnya.

Sementara itu, Fran Zeno selaku Pjs Bupati Sekadau dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Deputi bidang perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ahmad Zabadi beserta rombongan .

"Pada kesempatan ini juga saya mengucapkan selamatr kepada APKS Keling Kumang yang meletakan batu pertama pembangunan pabrik minyak makan merah, bahkan yang pertama di Kabupaten Sekadau,"pujinya.

Pjs juga mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten Sekadau pemerintah mensupport,  kepada Koperasi untuk melakukan inovasi sesuai dengan perkembangan jaman yang memberikan nilai tambah bagi pekebunan atau petani kelapa sawit  sebagai anggota Koperasi untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Dengan program hilirisasi kelapa sawit, melalui pembangunan pabrik minyak makan merah melalui Koperasi ini akan memajukan kesejahteraaan anggota baik di tatanan perekonomian daerah maupun tatanan di tingkat regional.

"Harapannya dengan pembangunan pabrik ini akan memberikan dampak yang positif bagi para petani yang menjadi anggota kelompok-kelompok tani untuk menjual hasil panennya kepada produsen APKS serta membuka lapangan pekerjaan,"katanya.

Deputi bidang perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ahmad Zabadi dalam sambutannya mengatakan bahwa pengelolaan pabrik minyak makan merah dan pabrik kelapa sawit diserahkan sepenuhnya kepada APKS. 


Editor: PenJab Radio Dermaga

Tinggalkan Komentar

Lebih baru Berita Lainnya